Yustinus Prastowo

https://cita.or.id/tim/yustinus-prastowo/
Yustinus Prastowo | Direktur Eksekutif

Lahir di Yogyakarta, Yustinus Prastowo adalah seorang akademisi sekaligus praktisi perpajakan Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Magister Ilmu Filsafat STF Driyarkara, dan Pascasarjana Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia.

Mengawali karier sebagai abdi negara di Direktorat Jenderal Pajak (1997-2010), ia kemudian terjun sebagai aktivis sosial dan terlibat dalam berbagai kegiatan advokasi dan penelitian, di antaranya bersama perkumpulan Prakarsa, Komisi Anggaran Independen (KAI), Transparency International Indonesia (TII), Indonesia Corruption Watch (ICW), Internasional NGO Forum on Indonesia Development (INFID), Tifa Foundation, Oxform, dan The United States Agency for International Development (USAID).

Kegiatan penelitian yang aktif dilakukan saat ini antara lain dengan Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG). Di samping menjadi peneiti, ia juga aktif sebagai dosen di Universitas Kristen Indonesia, Universitas Tarumanagara, Universitas Trilogi/STEKPI, Universitas Atma Jaya Jakarta, dan PoliteknikNegeri Keungan DIV STAN. Selain itu, ia juga mengajar di pendidikan kurator yang diselenggarakan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) dan Kementerian Hukum dan HAM sejak 2008.

Pengalaman di dunia konsultan diperoleh saat bergabung sebagi Tax Manager di SF Consulting, Tax Partner di RSM AAJ, dan Senior Advisor di Enforce Advisory. Sejak 2014, ia mendirikan Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) sekaligus menjabat sebagai Direktur Eksekutif sampai sekarang. Keterlibatan dalam public engagement dimulai saat ia terlibat dalam kelompok kerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Pokja APBN) Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla (2014), menjadi anggota Tim Optimalisasi Penerimaan Perpajakan (TOPP) Kementerian Keuangan (2015), dan sebagai Anggota Penasihat Tim Reformasi Perpajakan serta Tim Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai Kementerian Keuangan sejak Desember 2016 sampai sekarang.

Ia juga aktif sebagai pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi perpajakan baik yang diselenggarakan institusi pendidikan, asosiasi usaha, lembaga kajian, maupun institusi pemerintah antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Institusi Pemerintah Dalam Negeri, Polteknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kwik Kian Gie School of Business, Kementerian Keuangan (Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, dan Badan Kebijakan Fiskal), Bank Indonesia, Badan Perencanaan Nasional (Bapenas), Dewan Ketahanan Nasional (DKN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia, APBI, Indonesia Mining Associate, United Nasion (UN), Asian Development Bank (ADB), dan University of New South Wales (UNSW) Sydney.

Tidak hanya itu, hingga kini ia juga aktif menuangkan pemikiran berupa opini dan menjadi narasumber media nasional seperti Kompas, Tempo, Media Indonesia, Kontan, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Jawa Pos, The Jakarta Post, Jakarta Globe, Majalah Pajak, Koran Sindo, Gatra, Suara Merdeka, Rakyat Merdeka, Detikcom, CNNIndonesia, MetroTV, TVOne, BeritasatuTV, KompasTV, IDX Channel, Channel News Asia, Bloomberg, BBC, RRI, Radio Elsinta, Sindo Trijaya, PAS FM, Brava Radio, dan lainnya. Buku yang telah diterbitkan antara lain Manfaat dan Risiko Memiliki NPWP (2009), Pandun Lenkap Pajak (2010), Pintar Menghitung Pajak (2010), Ekonomi Insani (2014), Pengampu(n)an Pajak (2017), Antologi Perpajakan Indonesia (2017), dan Taxing Women: Analisis Kebijakan Perpajakan Indonesia terhadap Perempuan  dari Perspekstif Teori Kritis (2017).

Pengalaman lain yang dimiliki adalah menjadi ahli dalam beberapa uji materi di Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, mendirikan dan mengampu komunitas diskusi pajak bertajuk Tax Cafe dan menjadi narasumber penelitian ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Ia dapat dihubungi melalui:
Email: yustinus.prastowo@cita.or.id atau jpras07@gmail.com
Facebook: jprastowo
Twitter: prastow

<< Kembali