BERITAX

Bisakah Tarif Pajak RI Turun Selevel Singapura? Ini Kata Kemenkeu

DETIK.COM | 16 November 2016

Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Foto: Muhammad Idris-detikFinance

Jakarta – Pengusaha kerap mengeluhkan tingginya tarif pajak yang berlaku di Indonesia. Hal ini pula yang jadi dalih pengusaha gemar menyimpan dananya di luar negeri, terutama di Singapura.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kementerian Keuangan), Suahasil Nazara, mengatakan pemerintah tak bisa menurunkan tarif pajak seperti halnya Singapura.

“Tarif pajak tak bisa diturunkan, karena kita berkompetisi dengan negara lain. Kita sering jadikan Singapura sebagai pembanding, apakah pajak kita bisa turun selevel dengan Singapura? Tidak,” ucap Suahasil dalam acara Rakornas Kadin Bidang Perhubungan di Graha CIMB, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Menurutnya, Indonesia tak bisa disamakan dengan Singapura tersebut dalam hal kebijakan pajak. Lantaran kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan juga tak bisa diperbandingkan.

“Kalau lihat di map (peta) itu 2 negara sangat berbeda. Kebutuhan bangun dari Sabang sampai Merauke itu butuh dana yang sangat besar, beda dengan kebutuhan Singapura,” jelas Suahasil.

“Bahkan, meski sudah rendah tarif pajaknya, masih bisa di-bargain lagi. Kalau kita nggak bisa seperti itu, meski kita juga memiliki beberapa fasilitas pajak,” ucapnya lagi. (hns/hns)

Komentar Anda