CITAX

Bulan Madu Amnesti Pajak Makin Dekat, Ini Kata Ken

INILAH.COM | 30 Agustus 2016
2320713
INILAHCOM, Jakarta – September diprediksi menjadi bulan baik bagi program pengampunan (amnesti) pajak yang dijalankan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.
Ditanya soal ini, Direktur Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi malah santai-santai saja. Kata dia, deklarasi aset di dalam negeri itu, sama halnya dengan mendepositokan uang di dalam negeri. “Kamu punya duit, kamu deklarasi. Sama kayak repatriasi di dalam negeri. Kan uangnya ada di dalam (negeri),” ujar Ken di Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/8/2016).
Sebelumnya, Pengamat Pajak dari Center of Indonesia Taxation Analysist (CITA), Yustinus Prastowo menilai, jumlah peserta tax amnesty memang bakalan melonjak pada September nanti.
Hal ini dikarenakan peserta hanya membayar 2% (dua persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan pertama sampai dengan akhir bulan ketiga terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku.
Namun, menurut Yustinus, jumlah peserta meningkat belum tentu bakal meningkatkan jumlah harta yang masuk ke dalam negeri kalau deklarasi saja yang meningkat.
“Kalau peserta melonjak kan enggak sebanding sama harta yang melonjak. Bisa saja orang melaporkan yang kecil-kecil alias hanya yang menengah bawah,” ujarnya.
Sementara, yang terpenting dari tax amnesty adalah justru bagaimana pemerintah bisa menyasar peserta yang hartanya dalam jumlah besar supaya bisa ikut dan memasukkan dananya. [ipe]

Komentar Anda