CITAX

Jangan Sampai Taksi Online seperti Facebook Cs

OKEZONE.COM  | 17 Maret 2016
jangan-sampai-taksi-online-seperti-facebook-cs-rniUiFjEPA
JAKARTA – Pemerintah diminta menindak tegas menindak para pelaku transportasi online hingga e-commerce besar di Indonesia untuk membangun Badan Usaha Tetap (BUT) di sini. Dengan begitu para penyelenggara sistem elektronik (PSE) dapat terdaftar sebagai wajib pajak karena memiliki kantor pusat di sini.
Direktur Eksekutif Center For Indonesia (Cita) Yustinus Prastowo mengatakan, selama ini pelaku e-commerce seolah mengakali aturan pemerintah.
Contoh Facebook, mereka buat kantor formalitas yang tanpa menjalankan aktivitas. Artinya, subjek pajak tidak bisa ditarik karena mereka hanya menjalankan service untuk kantor pusat, bukan service di Indonesia.
“Kita harus agak bisa paksa mereka menjalankan aktivitas bisnisnya di sini. Kalau enggak mau ya blokir saja menurut saya. Sampai Anda itu terdaftar sebagai wajib pajak dengan menjalankan kantor pusat di sini,”tuturnya di Megawati Institut Jakarta, Kamis (17/3/2016).
Yustinus mengatakan, pemerintah harus segera ambil langkah tegas apapun ini. Di sini pemerintah yang memiliki andil besar, sambil menyelesaikan semua regulasi terkait aplikasi online.
“Intinya kita harus berani, wong kita punya market gede di sini. Kecuali kita ini negara kecil, ini kan enggak. Kita kan negara market terbesar ke empat di dunia,” tegasnya.

(mrt)

Komentar Anda