BERITAX

Kepala bank sentral Italia memperingatkan ancaman terhadap pemulihan global

Satu-satunya ancaman terbesar bagi pemulihan ekonomi global saat ini yaitu vaksinasi Covid-19 yang berjalan tidak merata, kata gubernur bank sentral Italia, menjelang negara yang menjadi tuan rumah KTT G20 minggu ini. Ignazio Visco dan Daniele Franco yang akan menjadi tuan rumah bersama pertemuan virtual menteri keuangan dan gubernur bank sentral pada hari Rabu, memperingatkan bahwa peluncuran vaksin internasional dapat menghasilkan pemulihan yang sangat berbeda untuk negara maju dan berkembang.

“Instrumen utama yang kami miliki saat ini bukanlah moneter atau fiskal, ini adalah vaksinasi,” katanya dalam wawancara dengan Financial Times.

“Kami perlu mempertahankan kerja sama internasional yang erat di dalam G20 untuk menghindari tahapan berbeda dari kampanye vaksinasi di berbagai negara yang mengakibatkan divergensi yang berlebihan di masing-masing negara.”

Visco memuji kerja sama antara pemerintah dalam penanggulangan pandemi sejauh ini, tetapi mengatakan tindakan multilateral yang sedang berlangsung akan sangat penting untuk memastikan pemulihan global yang terdistribusi secara merata. Pertemuan G20 minggu ini terjadi karena laju dorongan vaksinasi AS telah meningkat secara signifikan dibandingkan dengan UE. Ekonom juga memperkirakan ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari negara-negara Eropa tahun ini. Pertemuan G20 akan fokus pada langkah-langkah untuk membantu ekonomi berkembang dalam pemulihan mereka, termasuk diskusi yang sedang berlangsung untuk meningkatkan penerbitan hak penarikan khusus IMF, sebuah instrumen keuangan yang akan meningkatkan neraca negara-negara tersebut, termasuk diskusi tentang perpanjangan setelah Juni tahun ini yang disebut inisiatif penangguhan pembayaran hutang, yang memberikan keringanan sementara dari pembayaran hutang untuk 73 negara miskin yang memenuhi syarat.

Sumber: Financial Times, 5 April 2021 oleh Miles Johnson

 

Komentar Anda