Headline Internasional

Biden Meluncurkan Rencana Bantuan Keluarga Besar-besaran yang Didanai Melalui Pungutan Pajak Orang Kaya

Presiden Joe Biden akan mengungkapkan rencana besar senilai $1,8 triliun untuk memperluas kesempatan memperoleh pendidikan dan perawatan bagi anak-anak (child care), yang mana sebagian didanai oleh kenaikan pajak terbesar yang pernah terjadi dalam beberapa dekade pada orang kaya AS. Disebut dengan “the American Families Plan”, dalam usulan legislatif terbesar ketiga oleh Biden ini menggabungkan pengeluaran $1 triliun dengan pemotongan pajak dan kredit pajak senilai $800 miliar untuk keluarga berpenghasilan rendah dan menengah.

Melalui rencana tersebut, akan dibangun pra-taman kanak-kanak dan perguruan tinggi gratis di seluruh negeri, memperpanjang kredit pajak anak hingga tahun 2025, memperluas kredit pajak penghasilan secara permanen untuk orang dewasa tanpa anak pendapatan rendah, memberikan dukungan langsung kepada keluarga dalam hal perawatan anak (child care), pelatihan terkait finansial bagi para guru,  dan membuat program cuti berbayar bagi keluarga skala nasional.

Usulan tersebut diajukan setelah rencana infrastruktur senilai $2,25 T yang belum diambil kongres dan rencana bantuan pandemi senilai $1,9 T yang telah disahkan Biden menjadi UU.

Secara keseluruhan, proposal Biden ini menggambarkan ambisinya sebagai presiden setelah hampir 100 hari menjabat. Terpilih untuk menarik AS keluar dari pandemi virus korona dan krisis ekonomi, saat ini Biden berusaha menggunakan jabatannya untuk membentuk dan mengarahkan kembali ekonomi dan kehidupan kelas menengah AS.

Menurut gedung putih, dengan melakukan ekspansi kredit pajak penghasilan menjadi permanen akan membantu sekitar 17 juta tenaga kerja berpenghasilan rendah, sementara itu dengan memperluas kredit pajak anak akan menguntungkan sekitar 66 juta anak. Kenaikan pajak Biden yakni termasuk menaikkan tarif pajak untuk individu kembali menjadi 39,6%, mengubah perlakuan capital gain sehingga orang kaya tidak memperoleh keuntungan dari tarif pajak yang lebih rendah pada pendapatan yang diperoleh dari investasi mereka.

Memo Dunn mengutip beberapa jajak pendapat yang menunjukkan bahwa mayoritas orang AS mendukung langkah-langkah seperti menaikkan tarif pajak perusahaan dan pajak capital gain pada orang-orang yang berpenghasilan lebih dari $1 juta setahun.  Rencana terbaru tidak mengusulkan untuk memperluas pajak properti, janji dari kampanye Biden tahun 2020. Semua program baru yang dia impikan akan berlangsung selama 10 tahun.

Sumber: Bloomberg, 28 April 2021 | oleh Nancy Cook dan Justin Sink

Komentar Anda