BERITAX Headline

Pertumbuhan China Akan Mendorong Ekonomi Dunia di Tahun-Tahun Pasca Pandemi

Dalam prediksi IMF, China akan mendorong pertumbuhan ekonomi global di tahun-tahun pasca pandemi. Menurut perhitungan Bloomberg berdasarkan perkiraan IMF, China akan berkontribusi lebih dari seperlima dari total peningkatan PDB dunia dalam lima tahun hingga 2026. PDB global diperkirakan naik lebih dari $ 28 triliun menjadi $ 122 triliun selama periode itu, setelah jatuh $ 2,8 triliun tahun lalu dalam guncangan terbesar sejak Great Depression.

Menurut IMF, AS dan India akan menjadi kontributor terbesar kedua dan ketiga untuk pertumbuhan global pada periode tersebut, dengan Jepang dan Jerman melengkapi lima besar.

Secara keseluruhan, IMF memperkirakan bahwa ekonomi global akan tumbuh 6% tahun ini, sebelum melambat menuju kecepatan 3% pada tahun 2026. Ia juga memperingatkan bahwa pertumbuhan dalam ekspansi yang akan datang mungkin tidak merata, dengan ekonomi berkembang diperkirakan mengalami kerugian yang lebih besar dan pemulihan yang lebih lambat.

“Ketimpangan pendapatan kemungkinan akan meningkat secara signifikan karena pandemi,” kata IMF dalam laporan Outlook Ekonomi Dunia. “Hampir 95 juta lebih orang diperkirakan telah jatuh di bawah ambang kemiskinan ekstrim pada tahun 2020 dibandingkan dengan proyeksi pra-pandemi.”

Salah satu alasan perbedaan tersebut adalah AS akan pulih lebih cepat dari perkiraan. AS merupakan satu-satunya ekonomi besar di mana perkiraan PDB IMF untuk tahun 2022 sebenarnya lebih tinggi sekarang daripada sebelum pandemi.

Bloomberg, 7 April 2021 | Oleh Alexandre Tanzi

Komentar Anda